Selasa, 29 Maret 2016

RESENSI : JANGAN PERNAH MENYERAH, MARI BERHIJRAH!

Posted by Annisa Ratu Aqilah at 4:07:00 PM



            Perubahan dan berubah adalah hal yang mungkin paling sulit dilakukan oleh kita sebagai sesosok manusia. Terutama jika hal tersebut menyangkut perubahan sikap, perilaku, kebiasaan, karakter, maupun watak. Konon, mengubah watak adalah sesuatu yang mustahil dilakukan. Kalaupun berhasil, tentunya membutuhkan proses yang tidak mudah untuk mencapainya.

            Mungkin itulah yang mendorong Aldilla D. Wijaya untuk menulis buku penuh inspirasi ini. Sebuah buku yang berfokus pada ajakan dan motivasi untuk berhijrah. Berhijrah ke mana? Tentunya berhijrah ke jalan kebenaran dan kebaikan.

JANGAN PERNAH MENYERAH, sebab Allah bersama kita.

Buku setebal 201 halaman ini merupakan buku pertama yang diterbitkan oleh komunitas @BeraniBerhijrah, sebuah komunitas muslim yang didirikan oeh penulis buku ini. Tujuh bab yang dikemas secara baik dalam buku ini benar-benar mampu mengajak pembacanya untuk berani menghadapi perubahan dan tidak takut mengambil langkah untuk berubah dan berhijrah.


Bab Pertama dalam buku ini berfokus pada pengenalan diri sendiri. Penulis mengajak pembaca untuk mengenali diri mereka sendiri dan memberikan sugesti secara tidak langsung melalui kutipan-kutipan kalimat yang singkat, namun menarik dan menggelitik. Gaya bahasa yang sederhana dan mudah dipahami membuat pembaca merasa nyaman dan secara tidak langsung menyetujui kebenaran yang tertulis dalam buku ini.

            Penulis tidak hanya membuat pembaca memahami kata per kata, namun secara halus mengajak pembaca untuk berpikir dan mencerna setiap kalimat maupun pertanyaan faktual yang penulis sampaikan. Closing statement yang penulis sajikan di akhir bab pertama seolah-olah menjadi rangkuman singkat dari semua penjabaran yang tlah penulis sampikan sejak halaman pertama.

Pada beberapa bab selanjutnya, Penulis mengajak pembaca untuk lebih mengenali dirinya sendiri. Mendorong pembaca untuk melewati zona nyaman untuk mulai melakukan perubahan.

Pada bab-bab inilah penulis secara jelas memberikan contoh-contoh nyata bagaimana kita sebagai pembaca dapat memulai sebuah perubahan. Gaya bahasa yang tetap lugas dan tidak terkesan memerintah menjadi poin tambahan yang membuat pembaca tidak merasa bosan untuk terus membuka lembar demi lembar halaman di buku ini.

Isi dan pembahasan yang agak berat di bab-bab ini disajikan dengan singkat dan padat, namun jelas dan menarik dengan adanya kutipan-kutipan yang menggugah dan sedikit banyak mampu ‘menyentil’ hati nurani. Pada beberapa bagian dalam buku ini juga disajikan dengan ilustrasi gambar yang menarik dengan beberapa variasi gaya huruf dan warna yang tidak monoton, namun masih nyaman untuk dinikmati pembaca.


Pada Bab ke-enam, Penulis mulai mengajak pembaca untuk memahami pengertian dari hijrah, setelah lima bab difokuskan hanya untuk memberikan dan menumbuhkan tekad yang kuat bagi pembaca agar berani untuk memulai ‘hijrah’nya, pada bab ini penulis lebih terkesan definitif, namun tetap dengan mencantumkan kutipan dan potongan kisah yang menggugah dan menarik.

Pada akhir bab buku ini, Penulis menutup dengan sangat ‘epic’ melalui judul bab yang menarik ‘HIJRAH CINTA’

Inilah inti dari buku ini. Memaknai pengertian hijrah yang sebenarnya dan bagaimana kita dapat berubah dan berupaya untuk dapat menghijrahkan diri kita sendiri menuju cintaNya, bahwa pada dasarnya, hijrah kita yang paling utama sebagai manusia, tak lain dan tak bukan adalah hijrah cinta ; hijrah untuk mencapai ridhoNya.



(Rangkuman buku akan diposting di post berikutnya)




 

ANNISA RATU AQILAH Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez